Hai...Teman,

Selamat Datang Di Blogku.

Senin, 24 September 2012

BUKU VS SOCIAL NETWORKING


 Kiranya kita semua sepakat bahwa buku memang merupakan gudang ilmu selain internet, tidak salah jika kita masih selalu mengingat kata bijak yang selalu dipajang di dinding kelas Sekolah dasar (SD) yang berbunyi “Buku adalah jendela dunia”, “Buku adalah Gudang Ilmu”, dan lain sebagainya. 
Namun ada yang sangat mengkhwatirkan dalam dunia pendidikan kita terutama dikalangan siswa dan mahasiswa, yakni menurunnya minat baca dan meningkatnya jumlah pengguna Social Networking dikalangan Siswa dan Mahasiswa. 

Bandingkan dengan Negara tetangga kita kita seperti Malaysia, singapura, Filipina, Brunei, berapa jumlah buku yang wajib mereka baca setiap tahunnya. Hal ini bukan tanpa alasan yang jelas, meningkatnya kemajuan teknologi yang tidak diimbangi dengan penanaman minat baca sejak kecil tentu akan berakibat fatal.

Kita bisa perhatikan jumlah pengguna Facebook dan Twitter yang semakin meningkat tajam jumlah penggunanya dalam hitungan detik. Teknologi seringkali seperti dua mata uang, teknologi bisa berefek positif seperti menyebarnya pengetahuan baru dengan lebih cepat tanpa batasan ruang dan waktu. 

Efek negatifnya kita semakin tak bisa melepaskan diri dari produk teknologi seperti Facebook dan twitter, serta mudahnya generasi muda mengcopy-paste hasil karya cipta orang lain tanpa mencantumkan sumber yang jelas dan sah, mudahnya mereka mengakses dan men-download foto-foto ‘bugil’ dan film-film forno. So, pilihan ada sama diri kita sendiri mana yang lebih bermamfaat. Bijaklah dalam memilih karena pilihanmu menentukan masa depanmu. Fight!.

2 komentar: